ETS Manajemen Proyek Perangkat Lunak 2020

ETS Manajemen Proyek Perangkat Lunak 2020


Amelia Puji
05111840000147


Soal Nomor 1
Apa yang dimaksud dengan manajemen proyek PL. Ruang lingkup manajemen proyek PL meliputi apa saja?

Jawab : 
Manajemen Proyek Perangkat Lunak adalah proses penerapan keahlian, keterampilan, dan ilmu pengetahuan terhadap suatu perencanaan proyek, penjadwalan, alokasi sumber daya dan manajemen perubahan menggunakan sumber daya yang sudah ditentukan. Ini memungkinkan manajer proyek, stakeholder dan pengguna untuk mengontrol biaya dan mengelola penganggaran, manajemen kualitas dan dokumentasi dan juga dapat digunakan sebagai sistem administrasi. Perangkat lunak manajemen proyek juga digunakan untuk kolaborasi dan komunikasi antara stakeholder.

Ruang Lingkup Manajemen Proyek Perangkat Lunak meliputi
  • Penentuan kapan dimulainya sebuah proyek (waktu)
  • Merencanakan ruang lingkup dari proyek yang akan dikerjakan
  • Mendefinisikan ruang lingkup dari proyek yang akan dikerjakana
  • Melakukan verifikasi proyek dan kontrol dari kemungkinan perubahan yang mungkin terjadi pada saat proyek akan dimulai atau sedang berjalan

Soal Nomor 2
Berdasarkan video di atas, deskripsikan kegunaan aplikasi dan fitur-fitur yang ada di dalam aplikasi

Jawab : 
Kegunaan Aplikasi
Si Apik merupakan aplikasi pencatatan keuangan secara online berbasis Android yang diluncurkan Bank Indonesia, bersifat sederhana, sistematis, dan terstandart bagi UKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah). Aplikasi ini akan mempermudah UKM untuk melakukan pencatatan laporan keuangan secara online dengan model 'Singe Entry' sehingga UKM yang tidak adanya pemahaman mengenai akuntansi tetap bisa melakukannya. Selain itu, kegunaan dari aplikasi ini dapat dijabarkan sebagai berikut :
- Membantu UMKM dalam pencatatan transaksi usahanya, teruma bagi mereka memiliki modal dan sumber daya manusia yang minim. 
- Sebagai alat bantu dalam bentuk aplikasi bagi UKM untuk menyusun laporan keuangan usahanya dengan standart penyusunan laporan yang tersedia di Si Apik
- Membantu penyelenggara (Bank Indonesia) untuk memonitoring perkembangan UKM dengan menganalisis laporan keuangannya

Fitur-fitur yang ada di dalam aplikasi
  • Pencatatan transaksi keuangan untuk berbagai sektor (Pertanian, Perdagangan, Jasa dan Manufaktur) 
  • Dapat digunakan lebih dari satu pengguna
  • Dapat melakukan input tanpa perlu memiliki pengetahuan dasar akuntansi (Debit / Kredit)
  • Mengacu pada standar khusus UKM yang disusun Bank Indonesia bersama IAI (Ikatan Akuntan Indonesia)
  • Menghasilkan laporan keuangan yang lengkap dan akurat, yang terdiri dari
    • Laporan Neraca
    • Laporan Laba Rugi
    • Laporan Arus Kas
    • Rincian Pos Keuangan
    • Laporan Kinerja Keuangan
    • Laporan Tren Pendapatan
    • Tren Beban
    • Tren Laba
    • Porsi atau Share Biaya
  • Menghasilkan laporan dengan berbagai format, seperti gambar, grafik, PDF, dan Excel sehingga UKM mudah melakukan pencetakan atau di share dengan orang lain
  • Adanya fitur backup dan restore untuk transfer data antara smartphone

Soal Nomor 3
Jika anda diminta mendevelop ulang, berapa lama mampu menyelesaikan? Selanjutnya tuliskan KAK dari aplikasi supaya memenuhi kebutuhan dari pengguna perangkat lunak

Jawab : 
Menurut saya, untuk dapat men-develop ulang aplikasi memerlukan waktu 4 bulan (120 hari), namun tidak termasuk hari libur dan tanggal merah

Berukut merupakan KAK dari Sistem Informasi aplikasi pencatatan keuangan SI APIK
(Dokumen ini hanya digunakan untuk keperluan ETS MPPL-C 2020)


Soal Nomor 4
Untuk mewujudkan perangkat lunak tersebut tentukan aktivitas yang harus dilakukan, kemudian buatlah WBS nya

Jawab : 
Aktivitas yang harus dilakukan : 
Langkah-langkah aktivitas yang harus dilakukan untuk membentuk perangkat lunak berupa Aplikasi Si Apik adalah sebagai berikut
1. Pengadaan lisensi
- Adanya pertemuan dengan klien untuk membahas lisensi
- Menyepakati perjanjian lisensi dengan klien
- Membuat dokumen persetujuan (Memorandum of Understanding) sesuai perjanjian lisensi dengan klien
- Menandatangani dokumen persetujuan
2. Instalasi Server
- Memilih server sesuai kebutuhan aplikasi Si Apik
- Mengatur konfigurasi jaringan server sesuai yang dibutuhkan
- Menghubungkan aplikasi dengan jaringan server yang sudah di konfigurasi pada poin diatas
3. Migrasi Data
- Mengamati dan mempelajari struktur data sekarang (yang sudah ada dan mau diganti)
- Melakukan re-design dan mengatur database agar data yang ada sekarang sesuai dengan aplikasi Si Apik
- Melakukan pemindahan data ke database yang baru dibuat
4. Uji coba Penerimaan
- Melakukan peragaan aplikasi kepada developer dan pengguna
- Melakukan peragaan aplikasi kepada stakeholder
- Memperbaiki bug (kalau ada)
- Melakukan pembaharuan (update) terhadap sistem aplikasi Si Apik apabila adanya perubahan atau kurang sesuai
- Melakukan dokumentasi dan evaluasi sistem aplikasi
- Menyempurnakan sistem aplikasi Si Apik
5. Pendampingan
- Mendampingi user dalam menggunakan aplikasi Si Apik
- Mengawasi dan memonitor penggunaan aplikasi Si Apik oleh user
- Menentukan waktu perawatan sistem aplikasi Si Apik
6. Tranfser of Knowledge
- Memaparkan prosedur installasi dan konfigurasi sistem aplikasi kepada stakeholder
- Memaparkan prosedur penggunaan aplikasi Si Apik kepada user
- Melakukan pelatihan pengelolaan database kepada stakeholder
- Melakukan pelatihan penggunaan aplikasi Si Apik kepada user

WBS

Soal Nomor 5
Buatlah Penjadwalan untuk menyelesaikan proyek tersebut.

Jawab :
Penjadwalan karena tidak cukup di screenchot pada post ini, saya taruh di

Comments

Popular posts from this blog

Tugas 4 PBKK - Windows Presentation Foundation Sign Up Form

Tugas 6 PBKK - Razor Pages

Tugas 2 PBKK - Simple Application .NET