Prototipe dari LokaPasar.id

    



Nama : Amelia Puji
NRP   : 05111840000147
Judul  : LokaPasar.id


  • Inisiasi (Initiations

Identifikasi Masalah (Identification of the Problem) :
        Pandemi virus Corona menyebabkan sejumlah sektor terdampak, salah satunya sektor Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Pesatnya pertambahan sektor usaha baru akibat korban PHK, PSBB menyebabkan ketatnya persaingan jualan baik di e-commerce maupun di sosial media. Menjamurnya usaha kecil maupun menengah dan persaingan yang ketat pastinya membuat pelaku usaha berpikir keras untuk mengembangkan usahanya. LokaPasar.id menjadi sebuah wadah promosi gratis (social platform) yang membantu usaha kecil seperti yang disebutkan berkembang menjadi lebih besar. Apalagi ditahun kedua kami menambahkan fitur investor yang membuat pelaku usaha mendapatkan bantuan modal dana.

Identifikasi Cakupan (Identification of Scope) :
     LokaPasar.id berupa progressive web application (PWA) yang menginisiasi ruang lingkup pelaku usaha (mikro, kecil, menengah seperti ibu - ibu berjualan di WA atau mahasiswa yang berjualan di Instagram untuk sekadar menambah uang jajan) yang ingin dipromosikan jualannya namun mendapat kendala dalam pendanaan, khususnya modal.

Identifikasi Penyampaian (Identification of Deliverables) :
        Deliverable bernama "Lokapasar.id"  yang mengambil PWA sebagai platform utama, menangani dan mengembangkan LokaBot yaitu chatbot sebagai asisten user mencari barang, LokaCrawler untuk data postingan pedagang, dan kegiatan investasi. Proyek ini akan menggunakan fullstack web mulai dari front end (HTML, CSS, ReactJS) hingga backend.

Identifikasi Stakeholder / Pemangku Kepentingan (Identification of the Project Stakeholders) :
        Stakeholder pada proyek ini adalah Investor, User (pembeli atau pengunjung website), dan Pelaku Usaha.

Pengembangan Bisnis (Development of a Business Case
  1. Pelaku usaha yang memposting produk jualannya melalui instagram, whatsapp, dan media sosial lainnya akan dikumpulkan ke dalam web app kami untuk dipromosikan kepada pembeli.
  2. Pelaku usaha terpilih (yang di tentukan melalui portofolio pada tahun pertama dengan kriteria seperti peringkat tinggi, ulasan bagus) akan mendapat kesempatan bantuan modal oleh investor melalui kegiatan investasi yang kami tambahkan fiturnya pada tahun kedua LokaPasar.id.
  3. LokaAds yang kami masukkan pada tahun ketiga LokaPasar.id untuk pelaku usaha yang ingin mengiklankan produknya.

  • Perencanaan (Planning Stage)

Identifikasi Waktu Pengerjaan Projek (Identification of the project timeline) :
        Kami mengalokasikan waktu selama 5 bulan. 1 bulan pertama dipakai untuk merangcang perencanaan, pembuatan proposal, wireframe, prototipe, survey pengguna hingga testing. Tidak menutup kemungkinan waktu perenanaan bisa lebih dari 1 bulan karena adanya revisi dan sebagainya. Namun setelah disetujui, kami kana mulai pembuatan proyek.
 
Dokumen Kerja (Creation of Workflow Documents) :
  1. Kesepakatan dengan klien 
  2. Wireframe dan prototiping 
  3. Testing pengguna dengan prototipe 
  4. Implementasi prototipe 
  5. Testing hasil proyek 
  6. Revisi 
  7. Serah terima proyek
Biaya Estimasi (Estimation of Budgets) :
        Tidak ada budget selain biaya software khusus untuk fitur-fitur yang telah disepakati. Kami mengestimasikan biaya jasa dan software khusus sebesar 20.000.000,-.

Mengumpulkan Sumber Daya (Gathering Resources) :
Membutuhkan 4 sumber daya manusia. 
1 Orang desain
1 Orang Front End Developer
2 orang Back EndDeveloper

Antisipasi Risiko (Risk Anticipation) :
        Pengerjaan proyek yang molor (tidak sesuai timeline) karena proyek yang cukup besar dan kesulitan komunikasi di masa pandemi dimana semua dilakukan secara online. Antisipasi yang bisa dilakukan adalah dengan membuat planning deadline ke dua, sehingga diperlukan waktu tambahan pengerjaan.


  • Eksekusi (Execution Stage)

Penugasan dan Mengatur Alur Kerja (Creating Tasks and Organizing Workflows) :
 Membutuhkan 4 sumber daya manusia seperti yang disebutkan diatas, yaitu desain, Front End Developer dan Back End Developer dengan masing - masing anggota 1 orang kecuali Back End Developer berjumlah 2 orang. Alur kerja tentunya dimulai dari desain membuat wire frame dan prototipe (UI / UX) dan persetujuan desain, front end dan terakhir back end

Penjelasan Tugas Tiap Anggota (Explaining Tasks of Team Members) :
1 Orang desain 
       Untuk mendesign tampilan perangkat lunak
1 Orang Front End Developer
    Untuk membangun website menggunakan HTML, CSS, dan JavaScript. Front End Developer adalah orang-orang yang membuat design dan mengembangkannya sampai sebuah website dapat berjalan.
2 Orang Back End Developer
      Back end developer fokus pada database, scripting, dan arsitektur dari sebuah website. Kode yang ditulis oleh mereka akan membantu mengomunikasi database informasi kepada browser.

Komunikasi dengan Anggota (Communicating with Team Members) :
    Dengan mengadakan meeting melalui google meet zoom meeting / microsoft teams (tergantung maunya apa) minimal 1x dalam seminggu. Untuk ngobrol lebih lanjut setelah meeting melalui grup line.

Mengawasi Jalannya Tugas (Monitoring) :
    Setiap 1x dalam seminggu melalui melalui google meet / zoom meeting / microsoft teams (tergantung maunya apa) dengan mereview apa saja yang sudah dikerjakan sekaligus membicarakan tugas selanjutnya.

Mengatur Pembiayaan (Managing Budget) :
      Biaya yang dikeluarkan antara lain adalah uang untuk jasa pembuatan PWA dan software untuk mendukung fitur-fitur dalam PWA. Managing budget berguna untuk memastikan proyek berjalan sesuai rencana 

  • Penutupan (Closure Stage)

Menentukan Tujuan(Determining the Goals) :
    Tujuan akhir kami adalah PWA yang dibuat dapat berjalan baik beserta semua fitur didalamnya, selain itu juga tentunya kepuasan klien yang terutama dari tujuan kami.

Evaluasi Performa Tim (Evaluation of the Team's Performance) :
    Anggota tim mampu bekerja dengan memuaskan, sesuai deadline sesuai tugas yang ditentukan. Komunikasi tidak terlalu terhambat kecuali komunikasi dengan client.

Memastikan Semua Aspek Proyek dan Menyelesaikan dan Menyajikan laporan pada Pemangku Kepentingan (Making Sure that All Aspects of the Projects are Completed & Providing Reports to Key Stakeholders) :
    Saat ini proyek kami masih tahap inisiasi pengerjaan. Waktu proyek selesai, kami menjamin akan dilakukan demo dan testing kepada stakeholder, demo juga akan meliputi demonstrasi penggunaan fitur mulai dari pencarian pedagang, chatbot, hingga investasi.

Melakukan Analisis Akhir Proyek (Conducting a final analysis of the project) :
    Saat ini proyek kami masih tahap inisiasi pengerjaan. Waktu proyek selesai, kami menjamin akan ditentukan target-target yang tercapai dan permasalahan yang terjadi selama proyek.

Comments

Popular posts from this blog

Tugas 4 PBKK - Windows Presentation Foundation Sign Up Form

Tugas 6 PBKK - Razor Pages

Tugas 2 PBKK - Simple Application .NET