Perkenalan LokaPasar.id

 

LokaPasar.id adalah proyek yang diinisiasi oleh : 

- Zaenal Makhmudi     05111840000054
- Evelyn Tjitrodjojo     05111840000099
- Amelia Puji                 05111840000147
- Hadziq Fabroyir 

Lokasi Peluncuran LokaPasar.id :

Remote dari berbagai wilayah di Indonesia 

Waktu Proyek : 

1 Agutus 2020 - selesai

Deskripsi Proyek : 

LokaPasar.id adalah sebuah inovasi progressive web app berbasis search engine, sebuah marketplace dimana kami menjembatani antara penjual (UMKM, ibu rumah tangga, mahasiswa, dll) dengana pembeli (masyarakat Indonesia sebagai user) yang pada akhirnya menuju kegiatan investasi. Web app ini dibuat dengan tujuan membantu mendongkrak ekonomi masyarakat melalui kegiatan jual beli online, terlebih yang terdampak COVID-19 dengan membuatkan data profil tiap penjual beserta dagangannya yang akan dimasukkan dalam database Lokapasar.id dan ditampilkan kepada pengguna pada hasil search engine . Pembeli yang ingin membeli atau sekedar bertanya dapat berkomunikasi melalui nomor telepon yang tertera pada halaman informasi penjual. Informasi ini didapat melalui Web Crawler (atau bisa disebut spiders) dimana tool ini akan mengindeks dan mengunduh konten penjual yang sedang menjajakan jualannya melalui berbagai media sosial. Crawler akan melakukan crawling terhadap hashtag yang sudah ditentukan Lokapasar.id. Penjual diharapkan menyertakan hashtag tersebut pada konten jualannya sebagai penanda bahwa seseorang sedang “berjualan”. Banyaknya pengunjung halaman penjual dalam setahun pertama akan menjadi portofolio untuk menilai apakah pedagang dapat dikategorikan layak diberi investasi. Pembeli yang tertarik menginvestasikan uangnya dapat mendaftarkan diri untuk diverifikasi identitasnya.

Fitur LokaPasar.id :

Tahun Pertama :
· Meng-input barang dagangan dari WA dan Instagram secara otomatis ke database menggunakan LokaCrawler sesuai hashtag tertentu
· Mencari (search) barang yang diinginkan pengguna dan ditampilkan pada search engine
· Menghubungi penjual secara langsung tanpa pihak ketiga dengan one-click
· Memberi review, rating dan testimoni kepada penjual
· LokaBot yaitu Chatbot Lokapasar.id sebagai implementasi Conversational UI

Tahun Kedua :
· Melakukan sortir pedagang yang nantinya berhak mendapatkan investasi berdasarkan track record pedagang pada tahun pertama
· Tersedia pendaftaran investor dimana investor dapat menanamkan modal kepada penjual yang dipilihnya
· Klasifikasi produk berdasarkan kategori

Tahun Ketiga :
· Menambah Paid Search Online Advertisement bernama LokaAds

Link Pengerjaan Sementara :

https://www.figma.com/file/jLuJTIH6dKF2DZZERR8v6S/Lokapasar.id?node-id=0%3A1

Foto Pengerjaan Sementara :


Kendala:

Karena pengerjaan full remote, kesulitan untuk menghubungi client secara langsung sehingga pengerjaan memakan waktu lebih banyak.



Referensi: 
Garret, J. 2011. The Elements of User Experience: User – Centered Design the Web and Beyond, Second Edition. Berkeley: California: New Riders.

Comments

Popular posts from this blog

Tugas 4 PBKK - Windows Presentation Foundation Sign Up Form

Tugas 6 PBKK - Razor Pages

Tugas 2 PBKK - Simple Application .NET